PROSES PENGEBORAN SUMUR BOR

PROSES PENGEBORAN SUMUR BOR
Sebetulnya sulit untuk melakukan penggolongan metoda pengeboran. Alat bor tangan banyak yang dikembangkan dengan dilengkapi motor kecil, sedangkan banyak alat bor mesin yang dipasang pada truk dirancang untuk pemboran dangkal. Alat bor mesin putar berkisar dari yang portable sampai alat bor raksasa untuk eksplorasi minyak dan gas bumi.

Pengeboran Mesin Tangan
Metoda ini dipakai untuk eksplorasi dangkal seperti placer deposit dan residual deposit.Metoda ini digunakan pada umumnya pada tahapan eksplorasi rinci, namun adakalanyasecara acak dan setempat dilakukan pada tahap eksplorasi tinjau, terutama pada subtahapprospeksi umum. Ada 2 jenis alat ini, yaitu Bor tangan spiral (Auger drilling) dan Bor bangka (BBB).
1. Pemboran Spiral/Bor Spiral Auger Drilling Seperti penarik tutup notol, diputar dengan tangan. Contoh melekat pada spiral, dicabutpada interval tertentu (tiap 30-50 cm). Hanya sampai kedalaman beberapa meter saja, baik untuk residual deposit (bauxite,lateritic nickel) dan sebagainya.
2.Pemboran Bangka/Bor Bangka (BBB)  Suatu alat bor tangan dikembangkan di Indonesia. Suatu alat selubung (casing) diberiplatform, di atas mana beberapa orang bekerja. Pada prinsipnya sama dengan bor spiraldan tumbuk. Batang bor terdiri dari pipa masif yang disambung-sambung, denganberbagai bit : Spiral, Senduk, Pahat/Bentuk Pahat

Adapun Pengamatan Dan Perekaman Data Geologi.Data geologi yang didapatkan dari pemboran tangan jarang berupa batuan, tetapi pada umumnya berupa tanah atau batuan lapuk, dan sedimen lepas. Contoh yang didapatkan bukan merupakan contohyang utuh (undisturbed sample), tetapi conto yang terusik (disturbed sample). Ketelitian lokasi kedalaman conto tergantung pula dari jenis matabor yang digunakan.Conto dari bor Spiral berupa tanah/lapukan batuan yang melilit pada spiral, dan mewakili selang kedalaman setiap kali batang bor dimasukkan sampai ditarik kembali,sehingga selang kedalamannya dapat diatur, apakah setiap 50 cm atau setiap meter, tetapi maksimal tentu sepanjang spiral.

Pengeboran Mesin Putar
Ada berbagai macam jenis mesin bor putar, dari yang portable sampai pemboran raksasa seperti pada pemboran minyak yang dapat mencapai kedalaman beberapa kilometer. Ada berbagai jenis, dari mulai packsack (dapat diangkat di atas punggung) sampai bor besarharus dipreteli atau diangkat di truck.Alat pemboran (yang disebut drilling-rig) dinilai dari kemampuannya untuk mencapaikedalaman, kemampuan pengambilan conto batuan dan kemampuan menentukan arah.Selain itu juga kemampuan bergerak di medan merupakan salah satu hal diperhatikan.Mesin-mesin pemboran putar ini mempunyai prinsip yang sama, namun berdasarkan kemampuannya dapat dibagi sebagai berikut : 1.Bor mesin ringan (portable drilling rig)
2.Bor mesin inti (diamond drilling rig)
3.Bor mesin rotari (rotary drilling rigs)
4.Bor mesin alir-balik (counterflush drilling rig)

Prinsip operasi mesin pengeboran putar pada prinsipnya sama, yaitu :
1.Lubang dalam formasi dibuat oleh gerakan putar dari pahat untuk mengeruk batuan dan menembus dengan suatu rangkaian batang bor yang berlobang (pipa).
2.Rangkaian pipa bor disambungkan pada mesin sumber penggerak dengan berbagaimacam alat transmisi, seperti kelly dan rotary table, chuck ataupun langsung.
3.Sumber penggerak (mesin bensin, diesel dan sebagainya) atau dengan perantaraan kompresor/motor listrik.
4.Pelumas/pendingin (air, lumpur, udara). Cairan pelumas dipompakan lewat pipa, keluarlewat pahar bor kembali lewat lobang bor di luar pipa (casing) atau sebaliknya.
5.Pompa sebagai penggerak/penekan cairan pelumas.
6.Pipa/batang di atas tanah ditahan/diatur dengan menggantungkannya pada suatu menara/derrick dengan sistem katrol atau dipandu lewat suatu rak (rack) untuk keperluan menyambungnya atau mencabut serta melepaskannya dari rangkaian.
7. Untuk memperdalam lubang bor rangkaian pipa bor ditekan secara hidrolik atau mekanik maupun karena bebannya sendiri.
8.Contoh batuan hasil kerukan mata bor didapatkan sebagai :
- Serbuk atau tahi bor (drill-cuttings) yang dibawa ke permukaan oleh lumpur bor atau air pembilas. Serbuk penggerusan batuan dibawa oleh air pembilas ke permukaan sambil mendinginkan mata bor.
- Inti bor (drill core) yang diambil melalui bumbung pengambil inti (core barrel).
9. Untuk pengambilan inti mata bor yang digunakan bersifat bolong di tengah sehingga batuan berbentuk cilinder masuk ke dalamnya dan ditangkap oleh core barrel. Mata borini biasanya menggunakan gigi dari intan atau baja tungsten.
10.Bumbung inti (core barrel) diangkat ke permukaan dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
- Dicabut dengan mengangkat seluruh rangkaian batang bor ke permukaan setiap kali seluruh bumbung terisi
- Dicabut lewat tali kawat (wireline) melalui lubang pipa dengan kabel).
11. Pipa selubung penahan runtuhnya dinding lubang bor (casing) dipasang setiap kedalaman tertentu tercapai, untuk kemudian dilanjutkan dengan matabor yang berukuran kecil (telescoping). Pipa selubung dipasang untuk mengatasi adanya masalah seperti masuknya air formasi secara berlebihan (water influks), kehilangan sirkulasi lumpur pengeboran karena adanya kekosongan, dalam formasi, atau lemahnya lapisan yang ditembus.

Bila anda membutuhkan jasa pengeboran air untuk berbagai jenis sumur anda dapat menghubungi kami di :
Jasa Pengeboran Air Bandung
Tlp.  082219358074
email :  team2air@gmail.com