Pengeboran Air Tanah

Kebutuhan pasokan air untuk manusia terus mengalami peningkatan seiring pesatnya pembangunan pemukman-pemukiman baru, komplek-komplek perumahan baru, berdirinya area-area industri dan fasilitas-fasilitas umum.
Semua nya itu memerlukan pasokan air yang cukup besar, instansi yang menyuplai kebutuhan akan air untuk masyarakat terutama masyarakat perkotaan saat ini tidak sanggup memenuhinya, apalagi pada musim kemarau karena pasokan air yang sedikit maka penyaluran air untuk masyarakat sering mengalami hambatan.
Untuk mengatasi masalah tersebut, maka masyarkata perkotaan terpaksa membuat sumur bor air dan melakukan pengeboran sumur untuk memenuhi kebutuhan akan air yang layak dikonsumsi.

Pengeboran yang dilakukan pada masyarakat perkotaan pada dasarnya dilakukan dengan 2 cara :

1. Pengeboran air dengan cara manual 
pengeboran ini masih menggunakan tenaga manusia untuk melakukannya, dilakukan oleh 3 orang sampai 4 orang tetapi karena pengeboran ini masih menggunakan tenaga manusia dengan kemampuan menembus tanah hanya bisa sampai kedalaman 50 meter untuk area yang tidak berbatu dan 25 meter untuk area yang berbatu.

2. Pengeboran air menggunakan mesin berkhusus
  • Mesin bor sederhana, penggunaan mesin ini untuk kedalaman yang tidak terlalu dalam kemampuan mesin ini untuk daerah dataran rendah sampai 100 meter dan untuk daerah batuan hanya mampu 80 m, tetapi kemampuannya tergantung mata nor yang digunakan semakin baik mata bor yang digunakan maka akan semakin baik pula kedalaman sumur yang didapat khususnya daerah batuan. Mesin bir ini dinamakan mesin bor gawang karena tiang penggunaannya berbentuk tiang gawang dan mempunyai motor penggerak yang digerakan oleh bensin dan untuk sirkulasinya biasanya mengunakan diesel dan untuk menarik beban pipanya menggunakan travel. 
  • Mesin bor elektro, mesin ini dirancang untuk pengeboran dalam dengan diameter sumur bor yang lebih besar mesin penggeraknya bertenaga listrik dengan penggunaan sekling sebagai alat untuk menaikkan.
  • Mesin bor makanik, fungsinya sama dengan mesin bor elektro dengan kemampuan pengeboran bisa mencapai 250 meter dengan diameter lubang mencapai 12inn, mesin bor ini sering di namakan mesin bor jakro. Menggunakan mesin penggerakan diesel.

jasa pengeboran sumur bor


Untuk anda yang memerlukan jasa pengeboran air tanah kami siap melayani anda dalam pembuatan sumur bor berbagai jenis, sumur bor submersible, sumur bor jetpump maupun sumur bor artesis dengan harga yang relatif murah dan bergaransi, hubungi kami :

Jasa pengeboran Sumur Bor
Tlp./wa  082219358074
email   koswarayep@gmail.com