Sumur Bor Artesis


Sumur bor artesis atau sering disebut deef well ini adalah sejenis sumur yang di peruntukan untuk penyediaan keperluan air dalm jumlah yang banyak atau volume air yang di perlukan jumlahnya besar, biasanya di perlukan untuk kepentingan perindustrian, perhotelan, rumah sakit-rumasakit besar, Penyediaan air bagi masyarakat banyak bantuan dari pemerintah maupun untuk kepentingan irigasi pertanian dan perikanan.

Kedalaman sumur ini cukup dalam antara 100meter sampai 250meter tergantung akuifer air dilapisan mana bagus nya dengan ketebalan yang layak air tanahnya dapat disadap,  karena volume air yang harus di keluarkan dalam jumlah yang banyak maka penampungan air dalam sumur pun haruslah besar dan dalam dari itu maka sumur yang dibuat harus lah lebih dalam dan lubang sumur dengan diameter sumur yang lebih besar pula. Berbeda dengan sumur untuk keperluan rumah tangga yang di buat dengan kedalaman yang tidak terlalu dalam dan diameter lubang yang kecil karena volume air yang di perlukan kecil pula supaya cukup untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga.

Pompa air yang digunakan adalah pompa air jenis submersible dengan kapasitas daya hisap air dan daya dorong yang besar, kapasitas dari pompa antara 3pk sampai 15pk tergantung kedalaman dan volume air yang terkandung dalam sumur tersebut dan dapat dihisap dengan kapasitas pompa tersebut. Dengan kapasitas pompa yang besar tentu membutuhkan daya listrik yang besar pula maka daya listrik untuk pompa tersebut berbeda dengan kapasitas yang digunakan untuk pompa jenis rumah tangga yang hanya menggunakan daya listrik 1pass tetapi untuk jenis pompa sumur artesis haruslah daya yang 3pass.

Pembuatan jenis sumur bor artesis haruslah mengguanakan mesin bor yang mampu untuk kedalaman yang lebih dalam dengan diameter lubang sumur yang besar pula, maka di perlukan mesin pengeboran dengan kapasitas yang besar dengan daya tembus mesin kedalam tanah harus lebih dalam. Biasanya mesin pengeboran yang di gunakan adalah mesin hidrolik dan mesin elekto dengan menggunakan tenaga penggerak mesin adalah deasel dan listrik.Berbeda dengan mesin yang di gunakan untuk keperluan rumah tangga yang haya menggunakan mesin gawang dengan penggerakan berupa mesin penggerak bertenaga bensin.

Pembuatannya pun untuk jenis sumur ini haruslah ada ijin dari perintah berupa ijin SIPA (Surat ijin pengambilan air) yang di buat di intansi-intansi pemerintahan yang terkait, karena itu sebelum di adakan pengeboran biasanya menunggu surat ijin ini keluar atau sedikitnya ada resi mengenai perizinan ini
sumur bor artesis